Jumat, 01 Mei 2020

Berkarya saat pandemi covid -19

 KARYA ANAK DIDIKKU  DISAAT PANDEMI COVID-19


Disaat mewabahnya pandemi covid-19 diseluruh belahan dunia, Indonesia termasuk negara yang terdampak covid. Hampir seluruh kegiatan terganggu, termasuk kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka, sekarang dilakukan secara daring.
Penyebaran virus covid-19 menjadi penyebab kematian yang paling tinggi di berbagai negara dunia saat ini. Sudah banyak korban yang meninggal.
Bahkan banyak juga tenaga medis yang menjadi korban lalu meninggal. Hal ini menjadi permasalahan yang harus dihadapi oleh dunia saat ini, untuk melakukan berbagai kebijakan termasuk di negara Indonesia sendiri. Indonesia pun juga merasakan akan dampak penyebaran virus ini. Semakin hari semakin cepat menyebar ke sejumlah wilayah di Indonesia.
Akibat dari pandemi covid-19 ini, menyebabkan diterapkannya berbagai kebijakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di Indonesia.
Upaya yang dilakukan oleh pemerintah di Indonesia salah satunya dengan menerapkan himbauan kepada masyarakat agar melakukan physical distancing yaitu himbauan untuk menjaga jarak diantara masyarakat, menjauhi aktivitas dalam segala bentuk kerumunan, perkumpulan, dan menghindari adanya pertemuan yang melibatkan banyak orang.
Pemerintah menerapkan kebijakan yaitu Work From Home (WFH). Kebijakan ini merupakan upaya yang diterapkan kepada masyarakat agar dapat menyelesaikan segala pekerjaan di rumah. Termasuk kegiatan belajar mengajar.
Pendidikan di Indonesia menjadi salah satu bidang yang terdampak akibat adanya pandemi covid-19 tersebut.
Dengan adanya pembatasan interaksi, Kementerian Pendidikan di Indonesia juga mengeluarkan kebijakan yaitu dengan meliburkan sekolah dan mengganti proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan menggunakan sistem dalam jaringan (daring).
Sarana yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran online antara lain, e-learning, aplikasi zoom, google classroom, youtube, maupun media sosial whatsapp.
Sarana-sarana tersebut dapat digunakan secara maksimal, sebagai media dalam melangsungkan pembelajaran seperti di kelas.
Pembelajaran praktek jarak jauh menggunakan media classroom dan whatsapp. Praktek menggambar poster dengan tema covid-19 menggunakan media kertas gambar A3 dan media warna yang telah dimiliki oleh siswa.
Jadi pewarnaan bebas, Ada yang menggunakan karyon,pensil warna, pastel cat air, cat poster bahkan cat minyak.

contoh hasil karya seni poster:
mari berkarya
mari berkarya

mari berkarya

mari berkarya


0 komentar:

Posting Komentar